Artikel Pertanian

Kuliner Sunda

Jumat, 09 Mei 2014

Sejarah dan penulisan angka sunda bagian 1

angka dalam bahasa sunda Belajar sundaSeperti halnya bahasa jawa, bahasa sunda sendiri ternyata memiliki aksara sunda yang banyak ditemukan dibeberapa prasasti yang ada di wilayah jawa barat. Prasasti itulah yang menjadi petunjuk bahwa ternyata kebudayaan sunda telah ada sekitar 16 abad yang lalu. Beberapa prasasti yang bisa dijadikan acuan diantaranya, prasasti kawali, dan prasasti batutulis, namun selain itu ada juga dalam beberapa cerita dan naskah yang tertulis dalam daun lontar.

Dari temuan tersebutlah dapat diidentifikasikan mengenai aksara dan huruf sunda setelah melalui penelitian yang lama. Dan dapat diambil suatu kesimpulan sederhana bahwa pada zaman dahulu komunikasi itu tidak hanya diucapkan akan tetapi ditulis dalam bentuk tertentu. 

Angka sunda
Sama halnya dengan angka biasa yang sering kita tulis, angka sunda sendiri terdiri dari 10 angka utama yaitu 1-2-3-4-5-6-7-8-9 dan 0, dan penulisan angka seterusnya pada prinsipnya memiliki kesamaan dengan angka biasa.*Lihat Gambar 1


Gambar 1: Perbandingan angka biasa dan angka sunda

Cara Penulisan
Angka sunda sebagaimana yang kita lihat tadi, memiliki pola lurus dan melengkung yang jika kita mencoba tidak akan begitu susah untuk ditirukan. Namun ada cara tertentu untuk mempermudah kita dalam melakukan penulisan. *Lihat gambar 3
Gambar 2 : Angka sunda 1 - 9

Gambar 3: Cara Penulisan Angka sunda 1 - 9

Sedangkan untuk penulisan "0" sama seperti saat menulis angka "0" cuma usahakan lebih bulat tidak lonjong ke atas atau ke samping. Angka-angka kecil warna hitam diatas (1,2 dan 3) adalah untuk mempermudah dan mana saja yang harus didahulukan, sedangkan tanda panah digunakan untuk menunjukan awal dan akhir ( akhir yaitu ujung panah).

Demikian tadi sedikit pengetahuan mengenai angka dalam sunda beserta cara penulisannya. Lain kali akan saya berikan mengenai aksara sunda dan sekarang sudah bisa kita nikmati dalam bentuk font yang bisa kita masukan ke komputer.
.
Bagikan Artikel ini:
Komentar
0 Komentar


Posting Komentar