Artikel Pertanian

Kuliner Sunda

Jumat, 16 Mei 2014

Produk insektisida unggulan pengendali hama wereng coklat

KETERANGAN GAMBARPadi Menguning.Hama wereng merupakan salah satu penyebab dari menurunnya serta perusak tanaman padi selain dari hama lainnya seperti keong dan tikus. Hama ini menyerang tanaman padi hingga menyebabkan kering dan kemudian mati.

Cara yang lajim digunakan adalah dengan menggunakan bahan-bahan kimia maupun non kimia. Sekarang ini banyak sekali produk yang beredar dimasyarakat yang memiliki fungsi utama untuk mengendalikan sekaligus membasmi.

Berikut beberapa produk pembasmi hama wereng yang ada dipasaran, dan dianjurkan oleh pemerintah melalui kementrian pertanian diantaranya:
  1. Insektisida Winder 100EC
  2. Insektisida Promectin 18EC
  3. Insektisida Trisula
  4. Insektisida Applaud 10 WP 
  5. Insektisida Mipcin 50 WP
  6. Insektisida Hopcin 50 EC
  7. Insektisida Bassa 50 EC
  8. Insektisida Baycarb 50 EC
  9. Insektisida Dharmabas 50 EC
  10. Insektisida Kiltop 50 EC
Beberapa produk insektisida diatas biasanya dapat dibeli di toko pertanian atau warung-warung yang biasanya menyediakan. Namun dari semua itu langkah pencegahan adalah yang utama dari pada mengendalikan atau membasmi.

Untuk itu perlu dilakukan cara dalam rangka pengendalian hama terpadu, diantaranya: 
  • Pengaturan pola tanam; yang dimaksud dalam pengaturan pola tanam ini yaitu usahakan untuk menanam tanaman padi secara serentak.
  • Penanaman varietas unggul tahan hama;
  • Eradikasi dan sanitasi;
  • Penggunaan insektisida secara bijaksana.
Dengan adanya pengendalian tersebut dan dilaksanakan dengan baik, kemungkian hama tanaman padi terutama hama wereng bisa dicegah sebaik mungkin. Karena keberadaan hama wereng ini sangat menggangg bagi petani dan menjadi momok ketika masa tanam.
    .
    Bagikan Artikel ini:
    Komentar
    0 Komentar


    Posting Komentar