Artikel Pertanian

Kuliner Sunda

Sabtu, 13 Juli 2013

Cara cepat belajar bahasa sunda bagi masyarakat indonesia


UrangKampoeng.com. Bahasa sunda merupakan salah satu bahasa yang wajib dipelajari oleh orang Indonesia selain bahasa lainnya seperti jawa, bali, papua, madura dan daerah lainnya. Mengapa demikian? ini dikarenakan bahasa sunda mudah untuk dipelajari, selain itu dengan mempelajari bahasa sunda tentunya merupakan salah satu upaya ikut melestarikan bahasa sunda yang sudah mulai dilupakan generasi muda kita.

Banyak diantaranya teman-teman saya sewaktu di Yogyakarta, sering meminta saya untuk diajarkan bahasa sunda yang katanya unik dan lama kelamaan mereka bisa bicara walaupun bahasanya masih kasar. Nah beranjak dari situ bagi yang ingin belajar bahasa sunda, mungkin bisa melakukan beberapa cara yang saya berikan ini yaitu "cara cepat belajar bahasa sunda yang paling efektif dan jitu".

1. Harus ada keinginan belajar bahasa sunda
Keinginan dalam belajar merupakan nilai plus dalam belajar bahasa sunda, dimana dengan adanya keinginan untuk belajar maka yang tadinya sulit akan terasa ringan.

2. Berteman dengan orang sunda
Hal selanjutnya adalah jika kita ingin cepat belajar bahasa sunda maka harus berteman dengan orang sunda. Dengan berteman dengan orang sunda setidaknya kita akan mudah bertanya jika mengalami kesulitan, media kursus juga dan merupakan media kamus lengkap lisan dan tulisan.

3. Praktek berbicara dengan orang sunda
Setelah tadi kita berteman dengan orang sunda, maka tentunya kita akan sering bertatap muka dengan orang tersebut, cobalah untuk mulai berbicara menggunakan bahasa sunda yang kita tahu walaupun campuran dengan bahasa kita sendiri. Setelah kita bicara atau bertanya maka tanamkan dalam diri kita untuk "jangan malu" jika ditertawakan atau di ejek karena pengucapan yang salah atau aneh, dan sering-seringlah bertanya jika tidak tahu.

4. Membeli dan membaca buku-buku sunda terutama kamus bahasa sunda
Buku yang dibeli usahakan jangan buku-buku cerita sunda akan tetapi buku-buku mengenai cara belajar bahasa sunda dan kamus bahasa sunda. Nah ketika kita sudah dirasa mampu maka untuk menambah pengetahuan dan juga melatihnya barulah membaca buku-buku berbahasa sunda lainnya.

5. Sering-seringlah mendengarkan lagu-lagu sunda
Biasanya dengan mendengarkan lagu-lagu kita akan cepat hafal mengenai kosa kata yang ada dalam lagu, nah setelah itu kita cari artinya baik dengan bertanya atau mencarinya di kamus.

6. Tinggal di kampung sunda
Jika kita ingin belajar bahasa sunda, tidak ada salahnya jika kita tinggal dikampung sunda untuk sementara waktu, karena jika kita tinggal disana otomatis kita sering mendengar orang-orang berbicara dalam bahasa sunda. Selain itu kita juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya misalkan mengenal mengenai kesenian sunda, kebudayaan sunda, adat istiadat dan kebiasaan orang sunda.

7. Mendengarkan radio-radio sunda
Sekarang ini banyak radio-radio yang bisa didengar melalui saluran streaming di internet secara langsung, jadi tidak ada salahnya sambil berselancar di internet kita juga sambil mendengarkan radio-radio berbahasa sunda.

8. Gabung di Group bahasa sunda atau kamus sunda
Dengan banyaknya jejaring sosial di internet yang bermunculan, sekarang ini banyak sekali group seputar bahasa sunda, ada kamus bahasa sunda,belajar bahasa sunda,lagu-lagu sunda atau bahasa sunda baik di Facebook, twitter, atau Google +. Disana kita bisa bertanya sekaligus belajar mengenai bahasa sunda baik dari Admin atau anggota group.

9. Kursus bahasa sunda
Jika kita benar-benar ingin belajar bahasa sunda secara keseluruhan  maka tidak ada salahnya jika kita kursus bahasa sunda di tempat yang telah menyediakan, namun sepengetahuan saya masih jarang lembaga yang membuka kursus bahasa sunda.

Cara-cara diatas tentunya bukan merupakan patokan khusus dalam belajar bahasa sunda, dan tidak harus dilakukan semua namun tergantung diri kita sendiri karena tiap orang mempunyai cara berbeda dalam belajar. Tinggal bagaimana diri kita mau belajar dari mana dan bagaimana cara kita mempelajarinya agar bisa berbahasa sunda.

Cara belajar bahasa sunda diatas dalam artian belajar secara umum yaitu belajar berbicara, belajar membaca, belajar menulis dan belajar mendengarkan. Namun setidaknya bicara dan mendengarkan saja sudah lebih dari cukup untuk sekedar tahu mengenai bahasa sunda.


"Mari Kita Jaga, Mari Kita Ajarkan dan Mari Kita Sebarkan Adat Istiadat, Kebudayaan, Kesenian dan Bahasa Daerah Kita Kebanggaan Indonesia"
.
Bagikan Artikel ini:
Komentar
46 Komentar

46 comments

13 Juli 2013 pukul 21.01

harus ada keinginan...itu yang paling utama sobat...termasuk untuk belajar apa saja :-)

14 Juli 2013 pukul 02.04

Saya agak susah Mas karena tidak ada teman yang bisa bahasa sunda :)

14 Juli 2013 pukul 02.20

Ari Abdi boga saudara di Bandung, tah eta nu bikin abdi tiasa make bahasa sunda, ya walau saeutik mas...hehehe

14 Juli 2013 pukul 02.22

@BlogS Of HariyantoBetul, saya setuju banget sama pendapat Mas Hari

14 Juli 2013 pukul 03.47

Bahasa Sunda memang cukup menarik untuk dikembangkan pak. Lebih-lebih bagi masyarakat Jawa Barat sendiri, belajar Bahasa Sunda hukumnya adalah wajib.

Tips seperti yang telah dikemukakan diatas sangat membantu untuk kita semua yang akan memperdalam Bahasa Sunda. Terimakasih banyak pak atas informasinya. Salam :)

14 Juli 2013 pukul 03.49

yg pertama, kalo mau belajar bahasa, emang mesti ada keinginan yg kuat dulu. bicara dan bertemen dg orang yg bahasanya ingin kita pelajari. ini cara cesplelng belajar bahasa

14 Juli 2013 pukul 18.20

tips2 yang sangat bermanfaat...

thx for sharing !

14 Juli 2013 pukul 20.53

Saya orang jawa ... karena dikeluarga pakai bahasa indonesia ... jadi tidak bisa berbahasa jawa .... ulasan anda akan saya praktekkan tapi untuk bahasa jawa.

14 Juli 2013 pukul 21.24

Nah, kalo aku mah, dikantor sering dengerin orang ngomong pake bahasa sunda tapi cepet banget ngomongnya jadi kadang suka telat ngertinya..
mereka kalo ngomong sama aku gak mau pake sunda, malah pake jawa :|

14 Juli 2013 pukul 21.31

Jadi akang teh bandungna timana? Abdi oge urang bandung da hehe

14 Juli 2013 pukul 21.34

kalo bicara bahasa sunda halus, saya mah ga bisa, kararagok, kitu :)

14 Juli 2013 pukul 21.59

saya sudah bisa mang wkwkwkwk

salam

15 Juli 2013 pukul 00.19

mantep lah ... pribados ge gaduh rerencangan anu hoyong di ajar basa sunda.. aduh meni atoh ...
keren lah mang carana.. lamun gaulna jeung urang sunda pasti bisa kabawakeun nyarios sunda :D

15 Juli 2013 pukul 00.53

wah masih bisa sedikit kalo bahasa sunda :D

15 Juli 2013 pukul 02.28

Nuhun Sadaya tipsna mantap pisan atuh kan

15 Juli 2013 pukul 04.45

saya suka mendengarkan lagu sunda :)

15 Juli 2013 pukul 09.34

saya sanes urang sunda kang, alhamdulillah tiasa nyarios sunda mah...belajar ti dongeng bahasa sunda

15 Juli 2013 pukul 15.03

@Abed Saragih kalo begitu mungkin bisa dicoba cara lainnya...berteman ga harus jarak dekat jarak jauh juga bisa. Mungkin bisa dengan chat di jejaring sosial..atau berkomentar di blog.he

15 Juli 2013 pukul 15.05

@bloggoblog.comNah itu juga sudah lebih baik...bisa bahasa sunda g ada ruginya. Sapa tahu aja nanti kesasar di daerah sunda..kan bisa digunakan kemampuan bahasa sunda kita.

15 Juli 2013 pukul 15.11

@Wahyu Eka Prasetiyarini Betul sekali...sebagai bagian dari orang sunda, sudah sepatutnya kita menjaga bahasa sunda agar senantiasa terjaga keutuhannya.

Jika ada orang yang beranggapan bahwa tidak perlu dan tidak ada gunanya menjaga bahasa sunda(bahasa lainnya di indonesia), saya katakan munafik. karena sebelum ada bahasa indonesia bahasa daerah telah dulu ada.

15 Juli 2013 pukul 15.17

@capung2 Sama-sama..semoga memang banyak manfaatnya buat semua.

15 Juli 2013 pukul 15.18

@edi - aura ide Betul....apalagi kalo semakin banyak orang yg misalkan tinggal dikota biasanya memang menggunakan bahasa indonesia dalam mendidik anaknya. tapi harusnya orang tua juga tetap mengajarkan bahasa ibu atau bapaknya.

15 Juli 2013 pukul 15.20

@Ayu Citraningtias Sebenarnya sama aja sich anggapan bahwa cara berbicara orang sunda itu cepat tapi kalo orang sunda baru pertama kali ke daerah jawa juga akan beranggapan sama kalo orang jawa berbicara itu suka cepat terutama jawa ngapak.

kalo pengen bisa cobalah minta diajarin biar faham apa yang dikatakan.

15 Juli 2013 pukul 15.22

@Anggi Agistia kalo saya malah bukan orang bandung tapi orang Cilacap yang bisa dikatakan berbahasa Jawa. namun khusus untuk Kecamatan saya 100% berbahasa sunda karena secara sejarah jaman dahulu memang berasal dari keturunan sunda. Untuk itulah kenapa saya bisa berbahasa jawa selain karena letaknya diperbatasan dengan banjar jawa barat.

15 Juli 2013 pukul 15.24

@Santi Dewi sama saya juga..saya gunakan bahasa sunda halus kalo berbicara dengan orang tua, atau wanita yang lebih tua. Saya seringnya berbicara menggunakan bahasa sunda kasar.

15 Juli 2013 pukul 15.24

@Jocker Sip lanjutkan dan sebarkan serta amalkan...agar bahasa sunda bisa dikenal kepenjuru indonesia bahkan dunia.

15 Juli 2013 pukul 15.25

@didon tah kitu sae pisan..mudah2an sing seeur anu bade terang sareng tiasa bahasa sunda.

15 Juli 2013 pukul 15.26

@siapasihh Ada pepatah mengatakan sedikit demi sedikit lama lama bisa juga.hehe

15 Juli 2013 pukul 15.26

@munir ardi Sami-sami

15 Juli 2013 pukul 15.27

@duniaely Nah itu bagus juga silahkan ditingkatkan agar bisa berbahasa sunda

15 Juli 2013 pukul 15.27

@Muroi El-Barezy Sip atuh....hebat lah...:)

15 Juli 2013 pukul 16.55

asalamualaikum
paling cepat bisa bahasa sunda ya tinggal dikampung sunda

16 Juli 2013 pukul 05.35

anak2 sy tahun ini mulai dpt pelajaran bahasa Sunda di sklh. Semoga tips di atas bs sy praktekin :)

16 Juli 2013 pukul 06.19

@Nuranuraniku Waalaikumsalam...betul sekali...cuma pada mau ga ya yg pengen belajar bahasa sunda tinggal sementara di kampung sunda.he

16 Juli 2013 pukul 06.20

@keke naima och....ya semoga berhasil..setidaknya mereka faham mengenai bahasa sunda, lalu tertarik dan mulai ingin belajar yang serius.

17 Juli 2013 pukul 02.14

Blog ini saya rekomendasikan untuk Anda yang akan belajar nYunda. :D

17 Juli 2013 pukul 14.16

@Idah Ceris Kirain mau direkomendasikan ke bapak presiden..hihi

18 Juli 2013 pukul 01.17

saya sudah lama ingin belajar bahasa sunda, tapi pendengaran yang kurang memadai karena bahasa sunda terlalu cepat logat bahasanya.

19 Juli 2013 pukul 06.34

@Rusydi Hikmawan Betul itu yang utama harus ada niat....

19 Juli 2013 pukul 06.38

@Djangkaru Bumi Mungkin bisa dengan melakukan beberapa cara diatas...ya sama juga sebenarnya ketika orang sunda datang ke jawa(terutama jawa ngapak) mereka bilang terlalu cepat bahasanya.

19 Juli 2013 pukul 06.39

Kebetulan istri saya terlahir di Cirebon, maka sayapun dikit-dikit ngerti bahasa sunda meski kalo disuruh ngomong yang bisa cuman 'cengkok'nya saja. Bahasa sunda memang sangat menarik

20 Juli 2013 pukul 22.38

@Suratno Kenthusterimakasih atas persetujuannya mas :-)

22 Juli 2013 pukul 04.23

@Pakies Och....ya betul..apalagi kalo dipelajari secara mendalam.

22 Juli 2013 pukul 04.24

@BlogS Of Hariyanto Betul memang..kalo ga ada keinginan ga akan mudah belajarnya

26 Juli 2013 pukul 08.29

Saya berteman banysk sama orang sunda, karena saking akrabnya sambil sesekali tanya bahasa sunda malah artinya di pelesetin / di sasarin, malah akhirnya buat guyonan. Eeedan tenan tuh teman saya.

3 Oktober 2013 pukul 10.24

beberapa teman berpendapat bahasa sunda lebih mudah dri jawa. walaupun bgtu saya masih kesulitan kedua bahasa tersbut.


Posting Komentar